Our Social Media

Visitors

Unique

Pages|Hits |Unique

  • Last 24 hours: 0
  • Last 7 days: 0
  • Last 30 days: 0
  • Online now: 0

Agenda

December 2017
M T W T F S S
« Feb    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Kolaborasi Pengelolaan Taman Tematik di Kota Bandung

KOLABORASI PENGELOLAAN TAMAN TEMATIK DI KOTA BANDUNG

oleh

Zainab Nururrohmah

(Abstrak Thesis, Program Studi Magister Perenanaan Wilayah dan Kota, ITB)

Taman Tematik Kota Bandung merupakan salah satu konsep pembangunan yang mampu melibatkan partisipasi aktif berbagai aktor dalam pengelolaannya. Kolaborasi dan inovasi merupakan kunci keberhasilan program yang dibangun atas kekuatan jaringan dan pendekatan partisipatif ini. Program ini memeroleh sedikitnya dua penghargaan atas inovasi dalam pelaksanaannya. Kajian terkait pengelolaan taman tematik sangat penting dilakukan, agar keberjalanan program tersebut dapat berkelanjutan. Namun demikian, penelitian mengenai kolaborasi dalam pengelolaan taman tematik belum pernah dilakukan. Oleh Karena itu, tesis ini berupaya mengkaji pengelolaan Taman Tematik Kota Bandung dalam perspektif perencanaan kolaboratif.

Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Metode ini dipilih karena penelitian yang diangkat terkait dengan pendekatan kolaboratif, dimana hal tersebut berkaitan dengan fenomena sosial yang terdiri atas pelaku, kejadian, tempat, dan waktu. Data primer diperoleh melalui hasil wawancara mendalam kepada 13 aktor yang terlibat dalam proses pengelolaan taman tematik diantaranya SKPD terkait, perusahaan penyumbang, tenaga ahli, akademisi, dan penyusun kajian terkait taman tematik. Sumber data primer lainnya adalah hasil observasi lapangan terhadap 14 taman tematik yang telah dibangun, diantaranya Taman Fotografi, Taman Anak Tongkeng, Taman Skateboard, Taman Film, Taman Super Hero, Taman Musik, Taman Persib, Taman Jomblo, Taman Fitness, Pet Park, Taman Lansia, Taman Kandaga Puspa, Taman Vanda, dan Taman Gesit. Analisis stakeholder dipilih sebagai metode untuk mempelajari dan merumuskan hubungan serta keterlibatan aktor di dalam perencanaan kolaboratif terkait pengelolaan taman tematik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa proses kolaborasi berjalan baik, antar-aktor yang terlibat memiliki hubungan timbal balik yang kooperatif, dan terjalin partisipasi aktif dalam pengelolaan dan pembiayaan taman tematik. Namun demikian, pendekatan ini berjalan secara sporadis dan pragmatis. Hal ini akan berdampak pada keberlanjutan program pasca periode kepemimpinan Walikota Bandung 2013-2018 berakhir. Karenanya perencanaan kolaboratif ini perlu ditetapkan dalam suatu sistem kebijakan yang mengikat. Selain itu, diperlukan pewarisan norma-norma kolaborasi terutama dalam tubuh masyarakat dan SKPD terkait, sehingga pendekatan ini dapat menjadi sistem nilai yang berkelanjutan.

 

Kata kunci: Taman Tematik Kota Bandung; perencanaan kolaboratif; kekuatan jaringan; pendekatan partisipatif.

Comments ( 4 )

  1. reinald nNovember 10, 2016 18 // Reply

    Salam mas, tulisan yang anda tulis menarik. Perkenalkan nama saya Reinald, mahasiswa MBA SBM ITB. Apakah saya bisa meminta pdf file dari thesis mas nya? Saya tertarik untuk membaca dan memahami thesis anda untuk keperluan penelitian yang sedang saya lakukan dalam meneliti Branding taman2 di kota bandung Terima kasih

    • adminNovember 10, 2016 18 // Reply

      Mas Reinald, terima kasih sudah berkunjung. Kami sudah kirimkan email supaya dapat berkorespondensi langsung dengan penulis ya. Tks..

  2. SheylaJanuary 23, 2017 17 // Reply

    Saya Sheyla mahasiswa DKV Telkom University. Saya sedang menjalani tugas akhir, kebetulan tugas akhir yang saya ambil mengenai video dari taman2 tematik di kota Bandung. Apakah saya boleh meminta file pdf agar saya bisa mendapatkan informasi lebih mengenai taman2 di kota Bandung ini. Sebelumnya saya ucapkan Terima Kasih.

    • adminJanuary 24, 2017 17 // Reply

      Mbak Sheyla, terima kasih sudah berkunjung ke website kami.... Tahun lalu, Dinas Pertamanan dan Pemakaman pernah membuat buku tentang taman-taman di Kota Bandung. Bukunya bagus, lengkap... Sekarang Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung sudah tidak ada, menjadi dinas di salahsatu dinas baru. Kantor lama di Jl. Seram, dekat Taman Maluku. Coba ditanyakan ke sana, mungkin bisa mendapat petunjuk lebih lanjut... Saya akan kirimkan email penulis supaya Sheyla bisa berkorespondensi langsung ya.. Sukses dengan Tugas Akhirnya ya... Salam..

Leave a reply

Your email address will not be published.